7 Manfaat Daun Ketumbar yang Wajib Anda Ketahui

Daun ketumbar, salah satu jenis rempah yang dapat bermanfaat sebagai penyedap dalam beberapa masakan. Biasanya daun ketumbar digunakan untuk melengkapi sup, salad, kari, dan beberapa menu berkuah lainnya.

Daun ketumbar memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Biasanya memiliki aroma yang khas dan sangat akrab di kalangan ibu-ibu. Selain sebagai penyedap, daun ketumbar juga digunakan sebagai masakan cita rasa obat alami.

Berikut manfaat daun ketumbar bagi kesehatan:

1. Detoks Tubuh

Manfaat daun ketumbar yang pertama bagi kesehatan yakni sebagai detoks tubuh. Berbagai kandungan logam berat seperti Arsenik, alumunium, timbal, merkuri dan kadmium akan dikeluarkan secara alami oleh daun ketumbar.

Jika tubuh terasa berat dalam menjalani aktifitas sehari-hari itu berarti sedang ada penumpukan logam berat yang membahayakan tubuh. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan daun ketumbar yang telah diseduh dengan air hangat. Kemudian air tersebut diminum selagi masih hangat. Namun bagi yang suka mengonsumsi secara langsung, dapat juga langsung dimakan saat selesai dipetik.

2. Menurunkan Diabetes

Daun ketumbar juga dapat diandalkan untuk mengatasi kadar diabetes yang tinggi. Kandungannya mampu membantu pankreas mengatur insulin yang masuk pada tubuh. Sehingga aman dari penyakit diabetes.

3. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung juga dapat diminimalisir menggunakan daun ketumbar. Rasa panas yang ditimbulkan menjadikan daun ketumbar obat alami mengatasi penggumpalan darah pada jantung, dimana penggumpalan tersebut disebabkan oleh lemak dalam darah atau kadar kolestrol dalam darah.

4. Anti Jamur

Khasiat daun ketumbar yang selanjutnya yakni sebagai obat anti jamur. Khasiat utama mungkin akan dirasakan pada kulit. Karena kulit yang ditempeli oleh jamur dapat menyebabkan panu atau masalah kulit lainnya. Daun ketumbar dapat mengusir jamur parasit tersebut menggunakan kandungan di dalamnya.

5. Me-rilekskan Tubuh

Terlalu banyak beban tugas kerja dan juga banyak pikiran dapat membuat tubuh menjadi berat hingga stress. Namun kandungan pada daun ketumbar dapat mengurangi tingkat stress yang dialami. Hal ini dikarenakan ekstrak cilantro yang tinggi sebagai obat anti stress.

6. Cegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi sebagian kalangan yang mengalami beberapa gejalanya. Namun kanker dapat dicegah dengan daun ketumbar. Kandungan daun ketumbar dapat mencegah pertumbuhan sel kanker terutama kanker prostat.

Dengan begitu sel kanker tidak akan menyebar dan lama-lama akan mati karena efek yang ditimbulkan oleh daun ketumbar. Bagian daun ketumbar mulai dari akar, batang, daun, hingga biji ketumbar mampu menghambat pembelahan sel kanker. Tidak hanya kanker prostat, kanker payudara juga dapat dicegah dengan daun ketumbar.

7. Mengatasi Saluran Infeksi Kemih

Saluran infeksi kemih biasanya disebabkan oleh bakteri. Biasanya memiliki gejala sering buang air kecil namun air seni yang dikeluarkan tidak lancar, melainkan hanya beberapa tetes saja.

Ekstrak daun ketumbar dapat mengatasinya dengan membunuh bakteri merugikan yang menginfeksi saluran kemih. Gunakan air rendaman daun ketumbar untuk menghilangkan bakteri saluran kemih dengan cara meminumnya setiap akan tidur malam.

Itu tadi 7 manfaat daun ketumbar bagi kesehatan yang dapat dicoba di rumah. Sebagai bentuk pencegahan dan menguatkan imun kita dapat menggunakan daun ketumbar sebagai minuman herbal hangat setiap hari. Jadi jangan dulu memilih kimia sebelum merasakan yang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *