Yuk Simak Tips Perawatan Mixer Audio, Agar Awet Dan Tahan Kualitas

jual mixer audio

Seiring dengan semakin naik daunnya antusiasme bermusik di Nusantara, tidak heran jika produk sound system kian banyak dicari. Pada dasarnya, setiap bagian dari sistem suara yang Anda beli haruslah dirawat dengan baik. Seperti perangkat jual mixer audio yang krusial dalam sistem tersebut. Lantas bagaimana cara merawatnya? Cek ulasan berikut ini.

 

Cara Perawatan Perangkat Audio Mixer

  1. Menjaga Kondisi Lingkungan Dan Ruangan

Apabila Anda memiliki ruang khusus atau audio untuk instalasi sound system, maka hendaknya Anda selalu menjaga kebersihan ruangan. Sekalipun ruang tersebut tertutup, debu dan partikel kecil yang menempel atau masuk dalam mesin berpotensi merusak mesin. Hindari merokok, atau membawa makanan pada ruang studio tersebut.

Dengan begitu peranti konsol dan juga sistem audio tersebut akan terbebas dari risiko paparan kotoran. Bahkan, ruangan dan lingkungan yang bersih juga akan membuat aktivitas lebih nyaman. Hal ini akan semakin penting jika aktivitas dilakukan di luar ruangan. Selalu siapkan pembersih, atau setidaknya kemoceng untuk mengurangi debu yang hinggap di mixer.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala

Meski sudah Anda jauhkan dari kotoran atau debu, setiap perangkat elektronik pastinya akan mengalami penurunan kinerja. Apalagi jika umur dari peranti tersebut sudah cukup tua.  Untuk itu, lakukan pengecekan pada semua knob, rotary, atau switch mixer audio. Anda juga perlu melakukan pengecekan pada efek dan fitur yang tersedia.

  1. Matikan Dan Simpan Dengan Baik

Sama halnya dengan kebersihan lingkungan, ternyata menyimpan mixer tidak boleh sembarangan. Tips yang satu ini lebih diperuntukkan bagi mesin yang tidak digunakan lagi. Yang mana membuat mesin dalam kondisi idle atau diam. Agar fungsional selalu optimal, selalu matikan setelah Anda selesai menggunakan mixer.

Anggap saja bahwa mesin tersebut juga berhak mendapatkan waktu untuk beristirahat. Jadi matikan atau nonaktifkan agar sistem mixer bisa dingin dan siap digunakan dalam keadaan lebih fresh. Jika ada rencana untuk rehat dalam waktu panjang, maka rapikan semua perangkat terkait. Simpan konsol utama, kabel, dan switch tambahan dalam case yang tersedia.

  1. Segera Lakukan Perbaikan Saat Masalah Terjadi

Apabila Anda menemukan sebuah masalah pada mixer setelah rehat panjang atau cek rutin, maka segera perbaiki. Suara aneh, switch yang tidak mulus, atau knob yang tidak berjalan, menandakan adanya masalah pada mixer audio. Cari informasi pada buku panduan, pahami risiko, dan usahakan untuk melakukan reparasi pada tangan ahli untuk mengurangi potensi kerusakan yang lebih parah.

Secara garis besar, perawatan bahan elektronik memiliki satu prinsip yang sama. Yakni selalu lakukan pemeriksaan dan tetap aktifkan agar sistem tetap terjaga. Begitu juga dengan menjaga kondisi lingkungan, menyimpan, dan lakukan perbaikan. Namun demikian, Anda juga harus perhatikan kualitas produk itu sendiri. Pilih dan beli barang dari Goshen Swara Indonesia untuk kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *