Berapa Lingkar Kepala Bayi Yang Sesuai Usianya? Berikut Ulasanya!

lingkar kepala bayi

Pernahkah kalian diukur lingkar kepalanya semasa kecil? Tentunya pernah bukan? Ukuran lingkar kepala menjadi salah satu parameter terbaik dalam mengetahui perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang optimal. Dimana parameter ini mendukung untuk mengetahui apakah ada kelainan dan masalah selama masa tumbuh kembang bayi. Hal ini dikarenakan ukuran kepala bayi akan terus bertambah seiring berjalannya usia sebagai efek perkembangan.

Ukuran perkembangan lingkar kepala bayi pun dihitung dan memiliki patokan setiap bulannya. Perkembangan lingkar kepala bayi yang cukup besar disebabkan oleh adanya gangguan perkembangan yakni hidrosefalus sedangkan perkembangan lingkar kepala bayi yang tidak optimal dan cukup kecil dinamakan mikrosefalus. Kedua kondisi ini akan menghambat perkembangan otak maupun motoric bahkan pertumbuhan bayi. Sebab itu, memeriksakan bayi secara berkala di dokter disarankan untuk dilakukan.

Ukuran Lingkar Kepala Bayi dalam Tahap Perkembangan

Jadi berapakah lingkar kepala bayi yang normal dan disarankan selama tumbuh kembang? Berikut merupakan ukuran lingkar kepala bayi yang disarankan sesuai dengan tahapan perkembangan dan pertumbuhan bayi tersebut :

  • Bayi baru lahir

Kepala bayi baru lahir memiliki bentuk yang tidak beraturan. Dimana hal ini dikarenakan kepala bayi akan mengikuti jalan persalinannya sehingga kepala bayi memiliki beragam bentuk. Seiring perkembangan usia nantinya, kepala bayi akan berbentuk seperti umumnya. Adapun lingkar kepala bayi setelah dilahirkan dengan usia kehamilan normal adalah 33 – 35 cm.

  • Bayi yang usianya satu hingga tiga bulan

Setelah beberapa minggu dilahirkan, bayi akan mengalami pertambahan ukuran dan bentuk untuk menyesuaikan diri dengan manusia normal lainnya. Sehingga lingkar kepala bayi dan berat badan bahkan tinggi bayi akan bertambah seiring berjalannya waktu. Dimana lingkar kepala bayi pada usia 1 hingga 3 bulan yang normal adalah bayi usia 1 bulan yakni 34 – 41 cm, usia 2 bulan 36 – 42,5 cm dan usia 3 bulan 37,5 – 44 cm. Dan untuk size kepala seorang bayi lingkaran kepalanya akan selalu bertambah 2 centi di tiap bulannya.  

  • Bayi yang usianya empat bulan hingga 6 bulan

Pada usia menjelang masa MPASI nya, bayi akan terlihat lebih berisi dibandingkan dengan sebelumnya. Bayi juga akan memiliki pertambahan berat badan dan ukuran yang disesuaikan dengan pertumbuhannya tersebut. Dimana lingkar kepala bayi pada usia ini adalah usia 4 bulan 38.5 – 45 cm, usia 5 bulan 39.5 cm – 45.5 cm, kemudian pada usia enam bulan 40 – 46cm . Pada usia ini, pertambahan ukuran kepala bayi lebih sedikit dibandingkan sebelumnya yakni 1 cm saja per bulannya.

  • Bayi yang usianya tujuh hingga duabelas bulan

Pada rentang usia ini, pertumbuhan kepala bayi hanya 0,5 cm per bulannya. Dimana lingkar kepala bayi yang umum pada rentang usia ini adalah 40,5 – 49,5 cm. Perkembangan anak yang baik adalah memiliki pertambahan tinggi, berat dan ukuran lingkar kepala yang baik. Untuk pertumbuhan selanjutnya hingga 2 tahun ukuran kepala bayi akan bertambah 0.5 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *