4 Pengobatan Dari Luar untuk Meredakan Flu Bagi Ibu Menyusui

obat flu untuk ibu menyusui

Kondisi cuaca yang berubah tak menentu dapat membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit, salah satunya yaitu flu. Flu dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu yang sedang menyusui.

Bagi seorang ibu yang menyusui, ibu harus menjaga tubuh agar tetap sehat untuk mengurus dan memberi ASI pada bayi. Namun, saat terserang flu, ibu akan merasa lemas dan cemas dalam memilih obat, karena tidak dapat mengonsumsi obat secara bebas.

Sebab obat yang dikonsumsi oleh ibu dapat masuk dan terserap ke ASI, jadi bayi dapat merasakan obat tersebut saat sedang menyusu. Jika ingin lebih aman, ibu dapat periksa ke dokter terdekat, agar mendapatkan obat yang lebih aman bagi ibu dan bayi.

Jika ibu tidak ingin meredakan flu dengan meminum obat flu dari dokter atau obat flu untuk ibu menyusui alami, ibu dapat mengobati flu dengan pengobatan dari luar yang aman. Pengobatan ini tentu aman bagi ibu, karena bukan obat minum.

Berikut ini terdapat 4 pengobatan dari luar untuk meredakan flu bagi ibu menyusui, antara lain:

1. Mandi Air Hangat

Saat sedang mengalami flu, ibu pasti merasa sangat lemas dan kelelahan. Tetapi, ibu harus tetap mengurus bayi di setiap kondisi dan memberikan ASI yang penting untuk sistem imun tubuh bayi.

Untuk meringankan berbagai macam gejala flu yang dialami, ibu dapat coba mandi dengan air hangat. Air hangat akan menimbulkan uap-uap yang membantu dalam membuka rongga dan saluran hidung. Dengan begitu, lendir yang berada di hidung akan mencair dan mudah untuk dikeluarkan.

2. Gunakan Humidifier

Humidifier atau pelembap udara dapat membantu sistem pernapasan ibu yang terganggu akibat flu. Humidifier mengeluarkan uap yang aman untuk dihirup oleh orang sakit. Jadi ibu dapat menggunakan humidifer sebelum tidur, agar dapat memberikan rasa lega saat bangun di pagi hari.

3. Gunakan Inhaler dan Balsem

Inhaler dan balsem akan memberikan kehangatan bagi tubuh, serta membantu meredakan gejala flu dari luar. Ibu dapat membelinya di apotek atau supermarket terdekat tanpa menggunakan resep dokter.

Inhaler dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Cara menggunakan inhaler yaitu dihirup dalam-dalam melalui lubang hidung. Setelah melakukan hal tersebut, hidung akan lebih lega dan ibu akan merasakan sensasi sejuk di dalam hidung.

Selain itu, ibu juga dapat menggunakan balsem sebagai obat gosok untuk merasakan kehangatan. Balsem dapat meredakan gejala flu yang dirasakan oleh ibu, seperti pegal-pegal, sakit kepala, pernapasan tersumbat, dan nyeri. Ibu dapat oleskan di tenggorokan, dada, dan dibagian tubuh yang terasa nyeri.

4. Istirahat yang Cukup

Meskipun ibu sibuk mengurus bayi, ibu jangan sampai lupa untuk istirahat yang cukup agar tubuh cepat sembuh dan segera pulih. Ketika ibu sudah melakukan berbagai macam metode pengobatan, tetapi tidak istirahat dengan cukup, maka akan sia-sia.

Selain itu, ketika ibu sedang mengalami flu, sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih keras dari biasanya. Ditambah ibu harus terbangun di tengah malam, jika bayi menangis meminta ASI. Hal ini tentu akan membuat ibu merasa lelah dan tidak bertenaga.

Ibu harus mengatur jadwal mengurus bayi dan meminta bantuan orang lain. Dengan begitu, ibu dapat tidur lebih lama, agar mempercepat proses kesembuhan.

Itulah beberapa cara pengobatan dari luar untuk meredakan flu bagi ibu menyusui. Ibu dapat melakukan semua cara diatas agar lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *